Bermimpi di dunia Maya

Anda sudah sering dengar Minor atau Major dalam musik, mungkin sudah tidak asing ditelinga kita yah…

Sekarang saya ingin menjelaskan perbedaan Major dan Minor,

  • Mayor bisa dilambangkan dalam chord adalah “M” huruf M besar, atau tidak dilambangkan.

contoh :

– CM7 = C Mayor 7

– C        = C mayor

  • Sedangkan minor dilambangkan dalam chord “m” huruf m kecil,

contoh :

– Cm     = C minor

– Cm7  = C minor 7

1. Rumus major adalah :  2 – 1 1/2

2.Rumus minor adalah : 1 1/2 – 2

anda bingung dengan rumus yang saya berikan itu… hehehe… tenang saya jelaskan kok..

Rumus major contoh

chord mayor

mimpimaya.wordpress.com

gambar diatas kita mengambil chord C ( C major ) yang ditekan tuts C-E-G, Kita menghitung dengan jarak antar nada yang saya ajarkan di Tahap 2 sebelumnya.
  • Dari nada C ke nada E memiliki 2 jarak
  • Dari nada E ke nada G memiliki 1 1/2 jarak

Rumusnya menjadi 2 dan 1 1/2 jarak, yang sudah di terapkan di atas tadi. begitu juga dengan chord-chord yang lainya seperti D,E,F dll, untuk mengetahui mayor / major harus dengan rumus ini. mudahkan.????

2. Rumus chord minor

Cara yang sama seperti chord mayor bedanya hanya rumusnya saja dibalikan menjadi 1 1/2 – 2

contoh gambar :

D minor

mimpimaya.wordpress.com

Gambar diatas memainkan dengan chord Dm ( D minor ) yang ditekan nada D-F-A,

  • Dari nada D ke F  memiliki jarak 1 1/2 nada
  • Dari nada F ke A memilik jarak 2 nada

maka rumusnya menjadi 1 1/2 – 2 jarak

jadilah chord yang anda mainkan tersebut adalah chord minor, sama dengan nada-nada lainya seperti D,E,F dll. mudahkan memahaminya… jangan cuma dibaca dipelajarinya juga… ok…

Bisa di simpulkan kalau perbedaan major dan minor adalah kebalikan rumusnya, lebih spesifik lagi perbedaanya adalah jika dari chord mayor menuju chord ninor diselisih nada diturunkan setengah nada, jika dari minor ke mayor diselisih nada dinaikan setengah nada. mengerti,,, kalau tidak mengerti baca lagi,,, hehehe…

untuk tahap 3 sampai sini dulu,, tunggu tahap selanjutnya yang akan di posting lain waktu,,, terimakasih kunjunganya…

Comments on: "Tahap 3 – Memahami Perbedaan Chord Minor dan Chord Major" (16)

  1. Terima kasih atas informasinya…

  2. mas, biasanya di kord2 lagu, ada yang nulis C7 tp ada juga yang nulis Cmaj7, itu emang beda kuncinya ato sama aja cuman beda nulisnya?

    • Agak sama,, tp ada perbedaanya biasanya dalam Chord C kita hanya menekan Tiga Tuts, tp klo C7 kita harus menekan 1 tuts lg, di tangga nada yg ke 7, pada nada dasarnya.
      Atau klo blm paham nanti sy bisa posting tentang ini.

  3. Ryeon9yu said:

    Good job

  4. maksudnya gimana sehhh,, maaf, saya minim skali tntang musik, kalau dengan tuts dan nada saya tau..
    . jadi kalau untuk misal saya mainkan nada major, dari C ,, nada E itu jadi “re” gitu? atau gimana? apa jarak 2 dan 1 1/2 itu menjadi ketukan di lagunya?? lalu gimana bentuk tangga nadanya? hehe.. maklum yaa…

  5. , brarti dalam suatu lagu mayor, antara nada pertama dan kedua itu jaraknya 2-1 1/2, begitu setersunya yaa…. gitu ya…

  6. ahh,, masa begitu?? apa rumus itu , rumus dalam membuat melodi.. maksudnya “inteval jarak antara nada” itu apa?

  7. Thanks infonya, meskipun agak gaa ngerti hehe tp tetap nyimak

  8. Thanks udah dikasih tau kk

  9. Bagaiman dengan rumus Cminor??? rumus itu tidak sesuai, kenapa?

  10. Terimkasih banyak kak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: